Minggu, 19 Juni 2011

d' Butterfly

Kupu-Kupu

Teringat pada seorang teman, seorang mahasiswi ISI Surakarta jurusan seni murni yang sebagian besar pekerjaannya melukis. Ada dua lukisan hasil karyanya yang tergeletak di kamar. Saat ditegok, terlihat kupu-kupu terpasang cantik di sana. Lalu timbullah sebuah pertanyaan, "Kenapa selalu ada kupu-kupu di lukisanmu?" dan dia pun menjawab, "Aku ingin punya ciri khas. Dan itu memang ciri khasku". Lalu pertanyaan selanjutnya pun muncul, "Kenapa harus kupu-kupu?" dengan gamblang dia menjawab, "Karena kupu-kupu melambangkan wanita. Ada banyak macam dan jenisnya."
Well...
Lalu apa memang seperti itukah wanita? Banyak macam dan jenisnya?
Di kos memang hanya ada wanita, karena memang kos itu khusus untuk wanita saja. Kebanyakan memang sering mengangkat wanita sebagai bahan tulisan, materi lukisan dan kadang bahan obrolan. Baru saja seorang teman juga membahas masalah gender. Tentang hegemoni gender.
Nah...
Sebenarnya seperti apa konsep wanita itu?

3 komentar:

  1. silakan download buku buku tentang feminism dan women's studies dr blog saya hehehe :D

    kalau kata pembimbing saya yang tercinta, orang Indonesia itu susah memahami konsep gender karena dalam bahasa Indonesia pun tidak ada padanan kata 'gender'.

    Gender dan sex (jenis kelamin) di Indonesia saling tumpang tindih. Nah ini yang coba diuraikan oleh para feminis.

    selamat ngeblog :D

    BalasHapus
  2. selamat bergabung di dunia blog Itha..

    mari kita sebagai mahasiswa membudayakan budaya menulis. karena dengan menulis, kita berarti telah berpartisipasi untuk menciptakan perubahan.. :-)

    kan tokoh2 besar itu pasti meninggalkan tulisan..

    BalasHapus
  3. satu lagi tentang hal yang saya sukai. HISTORY. Tulisan adalah sejarah yang tercatat.. hehehe..

    BalasHapus